Shop Mobile More Submit  Join Login
×

More from DeviantArt



Details

Submitted on
April 1, 2010
Link
Thumb

Stats

Views
13,879 (1 today)
Favourites
0
Comments
32
×
Pada tanggal 31 Maret 2010, saya mendapatkan informasi mengenai sebuah buku yang diterbitkan oleh O.C Kaligis. O.C Kaligis telah menerbitkan sebuah buku dengan judul 'KORUPSI BIBIT & CHANDRA', yang diresmikan pada peluncuran bukunya pada hari Senin 29 Maret 2010, di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat. Saya sendiri belum mendapatkan buku itu, dan saya sama sekali tidak tahu menahu isi dari buku itu.

Beberapa teman mulai menanyakan tentang buku itu kepada saya karena ternyata buku itu menggunakan karya gambar milik saya sebagai cover/sampul buku tersebut. Karya gambar tersebut adalah karya yang pernah saya ciptakan untuk mendukung pembebasan Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah, yang mana karya gambar itu saya sediakan di blog personal saya antitankproject.wordpress.com/… dan racuntikus.deviantart.com/art/… agar masyarakat bisa mengakses dan menggunakannya sebagai BAGIAN DARI GERAKAN DUKUNGAN PEMBEBASAN Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah.

SAYA YAKIN 100% bahwa gambar yang digunakan untuk cover/sampul buku tersebut adalah gambar yang sama, dengan karya gambar milik saya, walaupun ada beberapa modifikasi/perubahan minor pada warna, teks dan unsur visual lainnya.

Maka yang ingin saya pertegas disini agar tidak ada kesalahpahaman yang bisa saja menimpa saya atau siapapun itu, SAYA SAMA SEKALI TIDAK PERNAH membuat cover/sampul buku O.C Kaligis yang berjudul 'KORUPSI BIBIT & CHANDRA', dan SAYA TIDAK PERNAH melakukan hubungan apapun hingga hari ini, baik dengan penerbit ataupun sang penulis buku yang bersangkutan tentang cover/sampul buku tersebut.

Maka apapun isi dari buku tersebut TIDAK ADA HUBUNGANNYA/SANGKUT PAUTNYA DENGAN SAYA PRIBADI ataupun dengan ANTI-TANK

Saya sekarang sedang berusaha mengikuti dan mempelajari kasus ini, maka APAPUN YANG TERJADI dengan buku tersebut itu diluar kepentingan saya sebagai pemilik karya tersebut.

terimakasih, Andrew

disini ada beberapa link informasi tentang buku tersebut
lipsus.kompas.com/topikpilihan…
www.detiknews.com/read/2010/03…
korupsi.vivanews.com/news/read…
  • Mood: Winter Downs
  • Listening to: radio
Add a Comment:
 
:iconericbdg:
ericbdg Featured By Owner Oct 5, 2010
Wah ini pasti bagian penerbitan atau bagian desain grafisnya yang maen comot aja. Ck dasar pemalas. Kejar aja penerbitnya, minta royalti atau semacamnya, atau minimal pengakuan.
Reply
:iconracuntikus:
racuntikus Featured By Owner Oct 6, 2010
yah begitu bisa jadi mas.
sedihnya jadi desainer hari ini...hihihii...:D
Reply
:iconjustwantobeme:
justwantobeme Featured By Owner Jul 19, 2010
maap, emoticonnya salah ;p. harusnya ini :
Reply
:iconracuntikus:
racuntikus Featured By Owner Jul 19, 2010
:ahoy:
Reply
:iconjustwantobeme:
justwantobeme Featured By Owner Jul 19, 2010
ikut simpati bro ... ironisnya karya anda malah dipakai untuk maksud yang sama sekali bersebrangan ya.

Maju terus lah...! keep spirit always.
:optimism:
Reply
:iconracuntikus:
racuntikus Featured By Owner Jul 19, 2010
ya itu yg saya penasaran...
Ayo mari maju bersama - sama...:)
Reply
:iconmasbay03:
masbay03 Featured By Owner Jun 13, 2010
wah saya baru baca jurnal ini... sering bgt kejadian ky gini mas, beberapa temen sy mengalaminya.. saya jg ga tau gmana cari solusinya klo suatu saat karya sy yg dicuri (percaya diri banget saya.. LOL :D)... desainer tukang maling tuh ky apa ya?
Reply
:iconracuntikus:
racuntikus Featured By Owner Jun 13, 2010
hueheeee.....semoga saja tidak dicuri mas...pedih rasanya...hehe...
saya jg tidak bisa mengidentifikasikannya dengan tepat
:D
Reply
:iconr4prolutions:
r4prolutions Featured By Owner May 12, 2010  Professional General Artist
Coba ngasih saran nih ya.
Coba kau cari teman atau kenalan yang berkutat di bidang penerbitan. Setau saya penyalahgunaan kreasi intelektual seperti ini ada pasal perdatanya. Setelah itu konsultasikan ke kenalan yang mengerti hukum.
Terserah Anda ingin menyerang dari segi idealisme atau komersial, yang pasti dua2nya dibenarkan. Karena pada intinya si pihak
kedua telah dengan jelas melakukan penyalahgunaan karya intelektual saudara sebagai produk komersil alias PEMBAJAKAN.
Saya yakin Anda punya cukup kuat bukti untuk memenangkan perkara ini.
Beberapa waktu lalu, belum lama teman saya juga mengalami hal yang hampir serupa. Tentang
penyalahgunaan kreasi juga. Dan dia terus maju dengan keyakinan itu adalah hak dia. Alhamdulilah
akhirnya perkara selesai dan dia mendapatkan haknya.
Terlepas dari itu semua, kalau Anda tidak bereaksi, maka kasus serupa seperti ini akan
makin sering dialami oleh teman-teman kita yang memiliki harapan besar di dunia kreatif seperti ini.
Jika butuh saran atau bantuan, mudah2an saya bisa tolong. note saya aja. Tapi semampu saya ya. Saya juga bukan praktisi hukum.
Saya prihatin dengan profesi kreatif di Indonesia. Dimana pemerintah telah mencanangkan gerakan ekonomi kreatif tapi masih banyak
kejadian atau kegiatan yang menghambat praktisi kreatif.
Oh ya, kalo boleh saya bantu sebarkan informasi ini ke teman2.
Cheer up man, you are not alone. :D
Reply
:iconracuntikus:
racuntikus Featured By Owner May 18, 2010
terima kasih sekali sarannya mas,dan tentang respon saya selanjutnya saya masih harus mempljrinya dulu,
yg ingin saya jelaskan terlebih dahulu disini adalah bahwa ada beberapa orang yg menyangka sayalah yg garap covernya itu,dan saya keberatan dengan dugaan itu,terus terang saya sangat tdk nyaman dengan dugaan itu.
dan saya kira kasus saya mungkin sedikit unik dengan kasusnya teman masnya itu.
maka ada byk hal sebnrnya yg saya pertimbangkan.
:lol:
Reply
Add a Comment: